Beginilah Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Saw





blueweb27 - Kesehatan ialah mahkota yang tidak sanggup dinikmati kecuali bagi mereka yang sakit. Dr Husain Haikal dalam kitabnya, Hayatu Muhammad, menjelaskan, Nabi Muhammad SAW selama hidupnya cuma dua kali mengalami sakit. Pertama, di saat dia kembali dari ziarah makam pendekar di Baqi’. Kedua, di saat dia mengalami sulit tidur dan demam panas beberapa hari sebelum wafatnya. 

Berikut yakni segenap Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW wajib kalian terapkan :


1. Sering Berpuasa

Dalam suatu hadis menyebutkan, Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain selaku ibadah bagi orang mukmin, puasa juga ternyata memiliki fungsi yang hebat bagi kesehatan. Bahkan beberapa penyakit berbahaya menyerupai serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker sanggup disembuhkan. 

2. Tidak Marah

Jurus sehat ala baginda kita Rasullulah kali ini yakni sabar alias tak praktis marah. Rasulullah menasihati sahabat-nya sebanyak tiga kali yang berbunyi sama yaitu, "jangan marah". Nasihat ini berbincang bahwa hakikat kekuatan insan bukan terletak pada jasad, melainkan kebersihan jiwa. Selain itu, tidak praktis murka juga terbukti mempertahankan kesehatan tubuh.

3. Menjaga Kebersihan

Dalam suatu hadis menyebutkan, Rasulullah bersabda bahwa, kebersihan yakni sebagian dari iman. Pribadi Rasulullah yang kondang higienis dan rapih. Di hari Kamis dan Jumat, dia secara berkala mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi dan dia juga sungguh mempertahankan kebersihan lisan dan gigi, cara hidup dia sehari hari tersebut, atau disebut sunnah dia yang hingga di sekarang ini masih disertai umatnya.

4. Berjalan Kaki atau Olahraga

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa berlangsung kaki ke Masjid, pasar, mendatangi rumah sahabat, dan sebagainya. Dengan berlangsung kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan lancar. Ini penting untuk menangkal penyakit jantung.

5. Berbekam

Untuk mempertahankan kesehatan, Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kesembuhan sanggup diperoleh dengan tiga cara: pertama dengan meminum madu, kedua dengan berbekam/hijamah, dan ketiga dengan (terapi) besi panas, akan tetapi saya tidak merekomendasikan umatku untuk menjalankan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhari)

6. Tidak Iri Hati

Mmenjauhi iri hati ialah langkah-langkah preventif yang sungguh tepat. Karena iri hari memunculkan pikiran-pikiran negatif yang masuk ke dalam hati manusia, jikalau tidak ditanami keimanan, iri hati akan timbul stres, bahkan jatuh sakit.

7. Menjaga Pola Makan

ALLAH SWT sudah berfirman , “Makanlah di antara rezki yang bagus yang sudah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melebihi batas padanya, yang memunculkan kemurkaan-Ku menimpamu. Barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, Maka Sesungguhnya binasalah dia.” (Qs. Thaha: 81).

Ayat ini berbunyi, sesunguhnya janganlah kita berlebihan dalam makan alasannya akan memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Berbagai penyakit sanggup timbul kalau seseorang asal pilih dan tidak menertibkan tumpuan makannya dengan baik. 

Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihiwasallam bersabda, “Kami yakni suatu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak begitu banyak tidak hingga kekenyangan).” (Muttafaq ‘Alaih). Sebab makan yakni salah satu fasilitas untuk mendapat energi biar sanggup melanjutkan aktifitas. Namun, jikalau seseorang makan terlampau kenyang juga tak baik untuk kesehatan, sanggup memunculkan kegemukan dan jikalau terlalu kenyang pun akan menjadi malas untuk menjalankan aktifitas selanjutnya. 

Dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menyatakan, hendaknya insan mempertahankan keseimbangan tubuhnya, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara. Karena itu, langkah-langkah berlebihan dalam makan sungguh tidak cocok dengan aliran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.


Itulah tadi kiat hidup sehat ala Rasulullah SAW, mudah-mudahan postingan ini berharga buat anda dan kita semua. Terima kasih sudah membaca...

Post a Comment

0 Comments