Hindari Menggunakan Rem Tangan di Lampu Merah, Ini Dia Alasannya!

Melengkapi kendaraan dengan asuransi mobil all risk memang penting untuk melindungi Anda dari segala risiko. Meski begitu, mengendarai mobil dengan wajar dan benar juga menjadi kewajiban yang tak kalah penting. Sebab, perilaku berkendara Anda akan menentukan keselamatan dan kenyamanan Anda. Salah satu kebiasaan berkendara yang dimaksud adalah pengunaan rem tangan.



Fungsi rem tangan

Pada dasarnya, rem tangan memiliki fungsi untuk memudahkan Anda mengendalikan laju kendaraan selama menyetir. Meski begitu, penggunaan rem tangan tidak boleh sembarangan, terutama ketika sedang berada di lampu merah. Sebab, kebiasaan menggunakan rem tangan di lampu merah justru bisa membahayakan Anda.

Berikut adalah beberapa contoh efek samping menggunakan rem tangan di lampu merah:

·         Kecelakaan fatal. Jika mobil Anda tertabrak dari belakang saat Anda sedang menggunakan rem tangan, kecelakaan tentu tak terhindarkan. Sebab, mobil akan terdorong  mengikuti momentum impact atau tabrakan tersebut. Di saat yang sama, kejadian seperti ini bisa membahayakan Anda yang duduk di balik kemudi.

·         Menghilangkan tanda henti. Berbeda dengan rem kaki yang memiliki lampu penanda di bagian belakang mobil, rem tangan tidak dilengkapi dengan lampu penanda untuk kendaraan di belakang Anda. Nah, jika Anda menggunakan rem tangan untuk menghentikan gerak mobil di lampu merah, kendaraan di belakang tentu tidak mendapatkan tanda henti (dari lampu merah di bagian belakang mobil Anda). Tentunya hal ini bisa sangat berbahaya apabila ada pengemudi dari belakang yang melaju dalam kecepatan tinggi dan tidak melihat lampu merah.

·         Merusak mesin. Tidak sedikit pengemudi mobil yang lupa sedang mengaktifkan rem tangan ketika berhenti di lampu merah. Pada akhirnya, pengemudi akan refleks menginjak gas tanpa menurunkan (menonaktifkan) rem tangan terlebih dahulu. Tindakan ini akan membuat kinerja putaran roda menjadi berat. Jangka panjangnya, hal sepele ini justru bisa merusak mesin mobil. Itulah dia alasan mengapa sebaiknya Anda tidak menggunakan rem tangan ketika berhenti di lampu merah.


Jadi, yuk segera ubah kebiasaan Anda demi keselamatan Anda dan kondisi mobil! Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, ya.

Post a Comment

0 Comments