Manfaat dan Kelebihan e-Billing Pajak Online Bagi Perusahaan

Salah satu masalah yang sering muncul pada pajak perusahaan adalah perusahaan yang telat membayarkan pajak. Umumnya, kasus ini muncul karena tata cara pembayaran pajak yang dianggap cukup merepotkan dan ribet. Oleh karenanya, sistem e-billing pajak online hadir sebagai solusi yang ditawarkan pemerintah untuk mengatasi masalah pajak ini.



Sesuai namanya, e-billing adalah mekanisme pembayaran pajak yang disediakan oleh Direktorat Pajak secara online. Dengan metode pembayaran online, nantinya diharapkan perusahaan bisa menunaikan kewajiban mereka dengan lebih mudah dan lebih tepat.

Hanya saja, perusahaan nantinya wajib untuk mendaftarkan urusan pajak mereka secara online untuk melakukan aktivasi. Setelah melakukan aktivasi, fitur yang tersedia dalam e-billing bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Manfaat Penggunaan e-Billing Untuk Perusahaan

Sebagaimana disinggung di awal, e-billing adalah solusi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk memudahkan perusahaan dalam pengurusan masalah pajak. Dengan menggunakan e-billing, maka perusahaan tidak perlu menggunakan surat setoran pajak, terutama untuk membayar pajak ter-utang.

Juga, adanya e-billing akan memangkas waktu pembayaran pajak. Jika sebelumnya Anda harus antre di Direktorat Pajak untuk menunaikan kewajiban sebagai wajib pajak, kini Anda hanya perlu bermodalkan device, baik smartphone atau laptop serta akses internet untuk membayarkan pajak perusahaan. Tentu saja, Anda bisa melakukan pembayaran kapan saja dan di mana saja.

Hal lain yang menjadi manfaat dari penggunaan e-billing bagi perusahaan adalah solusi menyeluruh yang diberikan. Sistem ini sangat menarik karena sudah terintegrasi dengan beragam fitur yang diperlukan, seperti Kode Akun Pajak (KAP), Kode Jenis Setoran (KJS), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Tidak hanya itu, ada beberapa detail lain terkait manfaat dari e-billing yang akan Anda dapatkan saat menggunakannya, yaitu:

·         Bisa membuat ID billing dan membayar pajak dengan lebih bebas, kapan saja dan di mana saja. Wajib pajak dengan adanya e-billing tidak perlu membawa berkas serta antre berjam-jam. Cukup dengan memenuhi kewajiban perpajakan, maka pembayaran pajak bisa dilakukan dari jarak jauh.

·         Menghindari kesalahan yang bisa terjadi dalam pencatatan transaksi secara manual. Dengan penggunaan e-billing, kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan akan cenderung lebih kecil.

·         Transaksi dengan menggunakan e-billing bersifat real-time yang artinya data transaksi yang masuk akan langsung tercatat dan terekam dalam pendataan Direktorat Pajak.

Dengan beragam manfaat yang ditawarkan, tentu e-billing bisa menjadi solusi terbaik untuk kemudahan pengurusan pajak. Oleh karenanya, Anda yang belum menggunakannya, bisa langsung melakukan pengurusan dan aktivasi.

Kelebihan Sistem e-Billing

Selain manfaat yang diberikan dalam penggunaan e-billing, ada beberapa kelebihan dari sistem pembayaran e-billing untuk pengurusan pajak perusahaan. Adanya beberapa kelebihan ini tentu juga bisa dijadikan alasan kenapa sistem baru yang ditawarkan Direktorat Pajak ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Nah, beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh e-billing untuk manajemen pembayaran pajak perusahaan yang lebih baik adalah sebagai berikut:

1)      Detail transaksi yang akurat

Akurasi transaksi menjadi kelebihan pertama yang ditawarkan sistem e-billing dalam pembayaran pajak. Dengan sistem yang diperbarui, nantinya e-billing akan memberikan tab perhitungan pajak secara otomatis.

Sistem pembayaran pajak yang ditawarkan oleh e-billing bisa mengisi kode akun pajak serta kode jenis setoran dengan otomatis sehingga Anda tidak perlu repot memasukkan data. Selain itu, sistem sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan peraturan pajak dari pemerintah sehingga jumlah pajak yang harus dibayarkan menjadi tepat.

2)      Transaksi pembayaran pajak berlangsung real-time

Salah satu kekhawatiran dalam pembayaran pajak secara online adalah pembayaran pajak yang tertunda atau pending. Transaksi yang pending seringkali dikhawatirkan gagal dan uang pembayaran pajak menguap.

Namun, kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi dengan penggunaan e-billing untuk pembayaran pajak. Hal ini dikarenakan dalam pembayaran pajak menggunakan e-billing, maka transaksi akan berlangsung secara real-time.

Artinya, ketika Anda selesai melakukan pembayaran pajak sesuai dengan jumlah yang dikehendaki, maka seluruh data dalam transaksi secara langsung akan terekam di dalam sistem kas negara serta Direktorat Pajak. Tentu, Anda juga akan menerima bukti pembayaran pajak berupa BON dan nomor transaksi penerimaan negara.

Dengan beragam manfaat dan kelebihannya, e-billing pajak online adalah solusi tepat untuk memudahkan perusahaan menuntaskan kewajiban pajaknya. Dengan sistem yang diperbarui, cara bayar pajak dengan e-billing pasti akan lebih simple!

Deskripsi: e-billing pajak online adalah solusi yang ditawarkan bagi perusahaan untuk membayarkan pajak perusahaan dengan lebih mudah agar bisa tepat waktu.

Post a Comment

0 Comments