Suka Wortel? Berikut Jenis-Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang berbentuk umbi perdu (semak) semusim. Dikatakan umbi semusim karena tanaman wortel hanya dapat berproduksi satu kali saja, dan setelah panen maka bibitnya akan mati. Selain sering dijadikan sayur, wortel juga dapat dibuat menjadi jus, tentu kamu sudah tahu bukan khasiat jus wortel? Ya, benar wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.



Apa saja macam-macam wortel?

Pada umumnya wortel memiliki bentuk dan warna yang sama yakni memanjang berwarna orange. Namun tahukah kamu jika ternyata wortel juga memiliki beberapa variestas yang bervariasi baik pada bentuk maupun ukurannya? Jika penasaran baca ulasannya di bawah ini:

1.       Wortel Danvers

Dilihat dari bentuknya wortel Danvers memiliki tipe visual yang kurus, panjang namun tetap berisi. Bagian ujungnya juga meruncing pada suatu titik serta berwarna orange penuh. Sesuai dengan namanya wortel ini dikembangakan padatahun 1870 di Danvers Massachusetts.

Penanaman bibit wortel Danvers bisa menghabiskan waktu dari 65 sampai 85 hari hingga bibit siap dipanen. Daun dan akarnya akan tumbuh memanjang, yakni bisa mencapai 15-18 cm. Danvers terkenal sebagai wortel yang halus,beraroma wangi dan manis serta tidak membutuhkan perawatan yang sulit untuk penanamannya.

2.       Wortel Chantenay

Jenis wortel selanjutnya yang banyak disukai pecinta wortel adalah Chantenay. Wortel ini memiliki bentuk yang unik, yakni ujungnya tumbul dengan umbi bulat serta panjangnya hanya sekitar 10-12 cm saja. Variestas Chantenay juga terdiri dari dua tip, yaitu Red Chantenay dan Royak Chantenay.

Wortel Chantenay memiliki warna orange cerah dan kulitnya halus, dagingnya cukup keras dengan konsistensi berair namun segar. Ketika masih mentah teksturnya cukup renyah dan rasanya manis, sedangkan ketika dimasak teksturnya lebih lembut namnun rasanya tiak berubah.

3.       Wortel imperator

Umbi ini memiliki bentuk memanjang dan bulat, ujungnya meruncing menyerupai bangun kerucut. Sayuran ini tumbuh dengan pancang mencapai 9 inchi, atau sekitar 20 sampai 30 cm. Dagingnya renyah dengan rasa yang segar, namun tidak semanis wortel lainnya. Kulitnya yang tipis juga membuat wortel imperator mudah untuk dikupas.

Teksturnya yang cukup keras dengan kandungan sedikit gula didalamnya, membuat wortel ini lebih tahan lama jika disimpan. Wortel imperiror terkenal sebagai wortel supermarket yang populer, karena sangat sempurna jika digunakan untuk memasak makanan.

4.       Wortel Nantes

Wortel jenis nantes memiliki  bentuk yang lebih unik dibandingkan enis lainnya. Ukurannya kecil hingga sedang dengan diameter sekitar 2-5 cm serta panjang rata-ratanya mulai 15 sampai 20 cm. Bentuknya bulat memanjang seperti silinder, dan ujungnya bulat dan tumpul. Wortel nantes memiliki warna orange kemerah-merahan dengan kulit yang kencanng dan halus.

Karena rasanya yang lembut dan manis, wortel ini bisa dikonsumsi ketika masih mentah atau sudah matang. Bahkan kamu bisa mengonsumsinya tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu. Terdapat lebih dari 40 variestas dari jenis wortel nantes. Beberapa yang paling populer diantaranya seperti Nantes Coreless, Scarlet Antes, Early Nates dan Nantes Half Long.

Nah itulah beberapa jenis-jenis variestas wortel yang umumnya ditemukan di Indonesia. Sayangnya untuk mendapatkan beberapa jenis wortel tersebut tidak bisa ditemukan di pasar seperti biasanya. Namun tidak perlu khawatir, jika kamu ingin membeli salah satu dari variestas wortel tersebut kamu bisa mendapatkannya di https://www.blibli.com/jual/wortel. Lalu kreasi makanan apa nih yang akan kamu buat dengan wortel?

Post a Comment

0 Comments